
Abstract: The science teaching materials needed today are teaching materials that can make students literate in science. Secara lengkapnya ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang. Ini berarti ilmu kimia secara singkat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari rekayasa materi, yaitu megubah materi menjadi materi lain. Ilmu kimia berasal dari bahasa arab, yaitu al-kimia yang artinya perubahan materi, oleh ilmuwan Arab Jabir ibn Hayyan.
The instruments used were standard competencevalidation sheets, text analysis sheets, and teaching material validation sheets. The method of this research is descriptive qualitative which refers to the Model of Educational Reconstruction (MER). This research was conducted to design high school chemistry teaching materials in connecting the context of sea pollution with chemical solution material. Students who have studied chemistry should be able to analyze natural phenomena in scientific chemistry, one of which is marine pollution. To produce good teaching materials, certain designs are needed to achieve learning goals and can improve students' scientific literacy.
Contoh produk yang berhubungan dengan reaksi kimia misalnya sabun, obat-obatan, detergen, dan lain sebagainya.Contoh soal essay tentang hakikat ilmu kimia Millennium drought australia case study robots essay for students, characterizing experimentation in continuous.Asikin, N., Irawati, M.H., Syamsuri, I. Dimana hampir seluruh produk yang digunakan manusia melibatkan adanya reaksi kimia didalamnya. Produk ilmu kimia adalah pengetahuan yang berupa fakta, teori, prinsip, dan hukum.Proses ilmu kimia berupa kerja ilmiah yang ditekankan pada pengamatan langsung.Sikap ilmu kimia berupa rasa ingin tahu yang tinggi.Keywords:Design of teaching materials scientific literacy sea pollution chemical solutionVideo ini membahas materi dan soal latihan kimia Kelas X MIPA/IPS yaitu Hakikat Ilmu Kimia ini dibuat untuk membantu siswa/i agar lebih memahami materi pelaj.Hakikat Ilmu Kimia (Pengertian, Prinsip Dasar, dan Ruang Lingkup) Kimia sebuah istilah yang tidak asing lagi ditelinga kita. Hakikat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain. Materi ini di pelajari di kelas 10 mia merupakan materi awal.
The Model of Educational Reconstruction – a Framework for Improving Teaching and Learning Science. Jakarta: DepdikbudDuit, R., Gropengießer, H., Kattmann, U., Komorek, M., Parchmann, I. Pedoman Mata Pelajaran Kimia pada Kurikulum Kimia 2013. Jurnal Pedagogi Hayati, 1(1), 1-10.Depdikbud.
Laporan Hasil Analisis Literasi Sains berdasarkan hasil PISA Nasional tahun 2006. SensePublishers, RotterdamFirman, H. Cultural Perpectives in Science Education, 5.
United States of America: John Wiley and Sons, Inc.Jufri, A.W., Ramdani, A., Jamaluddin., Azizah, A. Chemistry The Molecular Nature of Matter. Jakarta: Pusbuk DepdiknasJesperson, N. Pedoman Penilaian Buku Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas. Chemical Education International.
M., Reinhard, D., Ilka, P., Bernd, D., Cornelia, G. United States of America: Kluwer Academic.Nentwig, P. The Nature of Science in Science Education Rationales and Strategies. New York: Springer-Verlag Berlin HeidelbergMcComas. Sea water as an electrolyte. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 5(2), 179-184.Millero, F.

Analisis Prekonsepsi Siswa Terhadap Kemampuan Menghubungkan Konteks Air Laut Dengan Konten Hakikat Ilmu Kimia Kelas X SMA. Bandung: Humaniora.Yulita, I. Membangun Literasi Sains Siswa.
